Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Atasi Emotional Numbness agar Tak Mati Rasa Menjalani Hidup

Pernahkah kalian merasa seketika tidak merasakan apapun dalam menjalani hidup? Seperti perasaan hampa atau sulit mengungkapkan ekspresi? Bisa jadi itu salah satu tanda kamu sedang mengalami emotional numbness.

Kondisi emotional numbness terjadi karena stres berat dan tidak diatasi dengan baik. Supaya kita terhindar dari emotional numbness, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Bertemu dengan psikolog dan psikiater untuk meminta bantuan medis

Persoalan kesehatan mental harus ditangani oleh ahlinya yaitu psikiater dan psikolog. Cobalah untuk berkonsultasi soal apa yang sedang kamu alami. Mereka akan memberikanmu solusi untuk menghilangkan emotional numbness.

5 Langkah Atasi Emotional Numbness agar Tak Mati Rasa Menjalani Hidup

Tetapi yang perlu diingat, bahwa sekali pergi ke ahlinya belum tentu kamu bisa menghilangkan keluhanmu tersebut. Kamu juga perlu untuk bersikap kooperatif dan terbuka dengan terapis agar diberikan solusi sesuai permasalahan yang dihadapi.

2. Cerita pada orang dekat yang kamu percaya

Pasti di dalam hidup ini, terdapat seseorang yang siap mendengarkan keluh kesahmu. Kamu bisa ceritakan pada orang-orang yang kamu percaya, seperti keluarga, sahabat, atau teman.

Proses bercerita akan membantu untuk lebih mengenal soal perasaanmu. Selain itu, bercerita dapat melegakan isi hati. Jadi, jangan ragu untuk bercerita pada orang-orang yang kamu percaya.

3. Imbangi gizimu dengan konsumsi buah dan sayur

Lho, memangnya ada hubungannya? Menurut penelitian, beberapa sayuran diyakini mampu untuk mengurangi depresi dan kecemasan. Seperti buah alpukat yang mengandung vitamin B (B9, B6, dan B5) dan diklaim mampu membuat mood membaik.

Selain alpukat, buah dan sayuran seperi tomat, buah berry, dan juga sayuran hijau dapat memperbaiki mood-mu. Imbangi kebutuhan gizimu agar terhindar dari stres serta depresi.

4. Istirahat cukup bisa mengembalikan perasaanmu agar lebih tenang

Siapa di sini sering begadang? Menurut Science Alert, kurang tidur dapat memperparah kondisi emotional numbness. Tidur cukup selama 8 jam bisa membuat tubuhmu bugar dan juga tidak mudah merasa lelah. Jadi jangan anggap remeh yang satu ini!

5. Kenali dirimu dan perasanmu lebih dalam

Jika biasanya kamu sibuk untuk berkegiatan tanpa berpikir waktu, lalu saat emotional numbness terjadi mungkin ini waktu yang tepat untuk lebih mengenali perasaanmu. Tanamkan pikiran bahwa perasaanmu saat ini ada dan nyata.

Perlahan-lahan coba ajak perasaanmu berdamai. Sadari bahwa kamu hidup di hari ini dengan segala hal yang menyertai. Saat keadaan mulai membaik, kamu bisa mulai mengungkapkan emosimu. Coba untuk menonton film favorit, menulis, atau aktivitas yang membuatmu gembira.

Kondisi emotional numbness memang wajar, tapi tak baik apabila dibiarkan begitu saja. Kenali setiap emosi dan perasaan yang hadir, jangan diabaikan. Semoga sehat selalu, ya.

Posting Komentar untuk "5 Langkah Atasi Emotional Numbness agar Tak Mati Rasa Menjalani Hidup"